Sabtu, 12 Oktober 2013

TUGAS BAHASA INDONESIA SEMESTER 5 - soal 2



2. dampak Positif dan Negatif dari kebijakan mobil murah




baru-baru ini pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai mobil murah. Sebagian orang menanggapi hal ini akan berdampak positif terutama bagi masyarakat golongan ekonomi menengah kebawah.

Saya mengutip dari harian Republika.co.id pada Selasa, 24 September 2013 yang sempat membahas mengenai kebijakan mobil murah tersebut.

“ Menurut Nunuj, dampak positifnya yang mungkin disebutkan adalah penghasilan pajak negara dari otomotif akan bertambah, serta masyarakat golongan ekonomi menengah akan merasakan punya mobil baru dengan harga terjangkau. “

pengguna motor juga mugkin bisa lebih berkurang karena harga mobil yang menjadi lebih terjangkau dan beralih dengan menggunakan mobil. Jadi jalan raya tidak akan di penuhi pengguna motor yang biasanya hampir mamakan separuh jalur. Tidak dapat di pungkiri selama ini pengguna motor memang memiliki angka kecelakaan yang lebih tinggi dibanding mobil. Karena pengguna motor sering kali bersikap 'se-enaknya' dalam mengendarai motor. Ingin cepat sampai tujuan, saling mendahului satu sama lain, tidak memperhatikan adanya bus atau kendaraan yang lebih besar melintas, bahkan sering sekali pengguna motor yang mengalami kecelakaan di rel kereta api karena tidak memperhatikan dan menerapkan peraturan lalu lintas dengan baik.

Sementara kebijakan mobil murah menurut Nunuj memiliki dampak Negatif,

"dampak negatifnya yang mungkin timbul adalah meningkatnya kepemilikan mobil pribadi. Tentunya dibarengi meningkatkan penggunaan mobil pribadi di jalan yang berakibat pada meningkatnya kepadatan lalu lintas, dan meningkatkanya konsumsi BBM,"

jenis mobil murah yang di keluarkan adalah jenis mobil City-car, yaitu jenis mobil yang biasanya hanya digunakan di daerah perkotaan. Sehingga ketika di gunakan di daerah seperti papua, kalimantan, sulawesi atau daerah yang memiliki kontur jalan yang tidak halus akan mengalami beberapa masalah. Belum lagi mobil city-car memiliki kapasitas penumpang yang lebih sedikit dibanding mobil pada umumnya . Mobil City-car biasanya berkapasitas 3-5 orang, namun pada umumnya mobil tersebut hanya ber-isikan 2 orang di dalam mobil. Apabila jenis mobil City-car ini banyak diminati, dan apabila jenis mobil ini ber-isikan hanya 2 orang penumpang setiap mobilnya maka sama saja dengan pengguna motor yang pada umumnya berpenumpang 2 orang. dan sama saja akan menyebab kan kemacetan lalu lintas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar